Wellcome to my Blog...... marilah kita jalin silaturahmi antar sesama blogger....... n Thankz for View This Blog

Jumat, 19 November 2010

Penjelasan Meta Tag

Penjelasan Meta
 Tag
Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang dipakai untuk mengaplikasikan metadata dalam suatu halaman web atau blog. Dimana elemen meta ini harus diletakkan didalam tag <head>….</head> dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”.
1. Meta tag description.
Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web kamu. Usahakan agar ukurannya tidak boleh lebih dari 200 karakter, agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Sebagai contoh dari penulisan meta tag description yang digunakan pada blog dhenk[dot]com adalah sebagai berikut:
<meta name=”description” content=”Tutorial dasar mendisain web dan blogm mulai dari belajar html, penggunaan tag, penjelasan script, dan design themes.”>
2. Meta tag keyword
Meta tag keyword sangatlah penting, karena akan menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada hasil pencarian menggunakan mesin pencari atau dikenal dengan istilah SERP (search engine result page). Penulisan Meta tag keyoword  pipisahkan dengan menggunakan koma, yang bertujuan agar keyword mudah terbaca. Contoh penulisan sintak dasar dari meta tag keyword adalah sebagai berikut :
<meta name=”keywords” content=”tutorial blogging, design themes blog, design themes web, tips seo, belajar html.”>
Perlu diperhatikan disini adalah jangan mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, karena  akan dianggap spam. Contoh pemakaian meta tag keyword yang salah adalah :
<meta name=”keywords” content=”tutorial blogging, tutorial design themes blog, tutorial design themes web, tutorial seo, tutorial html.>
Terlihat sekali bahwa kata “tutorial “, diulang lebih dari 3 kali. Hal penting lain mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web atau blog kamu. Hal ini juga akan dianggap spamming. Misalkan web atau blog kamu berisi tentang mengenai tutorial blogging, maka jangan sekali-kali menambahkan “Porn” atau “Cewe Telanjang” sebagai keyword dengan tujuan mencari trafik karena keyword tersebut laris manis. Berikut adalah tampilan (screenshot page source) meta tag yang ada pada blog dhenk[dot]com dengan bantuan plugin All In One SEO Pack.
meta
3. Meta Tag Robots
Tujuan utama penggunaannya meta tag robots adalah untuk menentukan halaman  web/blog yang mana bisa di-index oleh spider dan halaman web/blog mana yang tidak bisa di-index. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :
<meta name=”robots” content=”index | noindex | follow | nofollow “>
Untuk contoh, jika kamu ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :
<meta name=”robots” content=”index follow”>
Dengan perintah ini spider akan meng-index main page Anda dan men-jadwalkan untuk meng-index halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink ( <a href=”"> ). Perintah berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak meng-index maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.
<meta name=”robots” content=”noindex nofollow”>
Tampilan meta tag robots dapat pula di lihat pada gambar diatas.
Referensi :
  • wikipedia.org
  • robotstxt.org

Komenan Euy

 
Powered by Blogger